Mengenal Cuaca di Amerika

Mengenal Cuaca di Amerika

Mengenal Cuaca di Amerika – Semua tempat di muka bumi ini memiliki cuaca yang berubah setiap jam, hari atau minggunya. Cuaca merupakan keadaan udara yang berada pada atmosfer pada waktu dan tempat tertentu yang memiliki sifat tidak statis atau berubah ubah. Kategori cuaca umumnya dinyatakan dengan memperhatikan kondisi seperti hujan, suhu pada udara, berapa jumlah tertutupnya awan, penguapan, kelembapan di suatu daerah dan kecepatan angin. Beberapa hal yang mempengaruhi cuaca ialah faktor di sekitar wilayah itu sendiri, karena setiap tempat memiliki kondisi udara dan tingkat kelembapan yang berbeda beda. Sudut pemanasan matahari dan kemiringan sumbu bumi juga menjadi faktor utama dalam hal tersebut. Jangan salah pengertian bahwa cuaca itu sama dengan iklim maupun musim. Ketiga hal ini memiliki pengertian dan jenisnya masing masing.

Unsur dalam cuaca yang pertama adalah tekanan udara. Tekanan udara merupakan gaya yang timbul diakibatkan adanya keberadaan berat lapisan udara yang diukur dengan barometer. unsur yang kedua yaitu kelembapan udara. merupakan kandungan uap air yang ada di udara pada saat saat dan waktu tertentu. Kelembapan udara bisa diukur dengan higrometer. Unsur yang ketiga yaitu suhu. Penyebab suhu dapat mempengaruhi cuaca adalah durasi dan suduh sinar matahari ke bumi, ketinggian pada suatu wilayah, kondisi awan, dan pepohonan di bumi. Unsur yang keempat yaitu angin yang diakibatkan oleh rotasi bumi. Angin dapat diukur dengan anemometer. Unsur yang kelima yakni curah hujan. Merupakan jumlah intensitas air hujan yang turun pada suatu tempat dalam kurun waktu tertentu.

Amerika terletak di suatu daratan luas yang dinamakan benua. Benua Amerika yang mencangkup belahan bumi bagian utara dan juga selatan. Benua Amerika ini terbagi menjadi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Benua Amerika memiliki iklim yang bervariasi, ada yang beriklim subtropis yakni di kawasan florida, hingga beriklim artik dan subartik di bagian utara. Arus samudra juga seperti arus california dari barat dan Arus Labrador dari timur yang memiliki peranan penting masing masing. Iklim yang sangat bervariasi ini dikarenakan perubahan lintang dan berbagai fitur dalam geografis termasuk pegunungan dan gurun. Pendorong utama cuaca di Amerika Serikat yang sangat berdekatan adalah perubahan musim di sudut matahari, migrasi utara atau selatan dan dari dataran tinggi subtropic serta perubahan musim dalam posisi aliran jet kutub. Sistem cuaca yang baik itu sistem yang memiliki tekanan tinggi atau rendah bahkan front (batas antara massa udara dengan unsur cuaca yaitu suhu dan kelembapan) bergerak lebih cepat dan intens saat memasuki musim dingin dari pada bulan bulan musim panas.

Saat ini, tercatat cuaca di Amerika Serikat tepatnya di Washington Distrik Kolombia, sedang cerah dengan suhu -2⁰C dengan presentase hujan 1%, kelembapan 46% dan kecepatan angin 19 km/jam. Prediksi cuaca untuk enam hari ke depan ialah berawan hingga hujan. Dari sini kita ketahui, bahwa di Amerika Serikat sekarang sedang mengalami musim dingin. Untuk anda yang ingin berkunjung ke Amerika hendaknya telah mempersiapkan peralatan musim dingin yang lengkap. Dan jangan lupa untuk selalu mengecek suhu dan cuaca secara rutin karena bisa berubah sewaktu-waktu. Itu tadi merupakan sekilas dari ulasan dan penjelasan mengenai cuaca dan iklim di Amerika Serikat. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda serta dapat bermanfaat untuk ke depannya.