Mengenal Lebih Lanjut Cuaca Ekstrem di Amerika Serikat

Mengenal Lebih Lanjut Cuaca Ekstrem di Amerika Serikat

Cuaca merupakan suatu kejadian atau peristiwa yang melibatkan 3 unsur yaitu atmosfer, langit, dan udara di bumi. Cuaca juga memiliki pengertian lain yaitu perubahan yang terjadi pada suhu, angin, curah hujan, dan sinar matahari. Setiap belahan dunia memiliki cuaca yang berbeda dalam hitungan menit, jam, hari, dan minggu. Perbedaan ini terjadi dikarenakan suhu dan kelembapan antara satu tempat dan tempat lainnya berbeda. Perubahan cuaca sangat dipengaruhi oleh sekitar wilayahnya.

Dalam artikel ini akan sedikit membahas mengenai cuaca di Amerika Serikat. Amerika Serikat atau yang biasa kita kenal dengan sebutan U.S.A (United States of America) merupakan sebuah negara republic konstitusional federal terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini di apit oleh dua samudera pasifik dan samudera atlantik yang terletak di sebelah barat dan timur. Negara ini berbatasan dengan Kanada di sebelah utara dan berbatasan dengan meksiko di sebelah selatan. Negara ini secara astronomis terletak antara 83 derajat LU – 55 derajat LS dan 170 derajat BT – 35 derajat BB. Amerika serikat merupakan negara terluas ketiga atau keempat di dunia, juga termasuk jumlah penduduknya yang menempati urutan ketiga. Negara ini terkenal dengan negara paling multiteknik dan multicultural di dunia karena diakibatkankan adanya imigrasi besar-besaran dari berbagai pelosok di dunia.

Amerika Serikat memiliki iklim yang bervariasi termasuk juga cuaca. Perlu diingat bahwa iklim dan cuaca berbeda. Cuaca lebih sering berubah dari pada iklim. Secara umum, iklim di Amerika serikat akan menjadi lebih hangat jika semakin jauh kea rah selatan dan semakin kering jika menuju ke arah barat. Sebagian besar Amerika Serikat bagian barat memiliki iklim semi kering yang dingin hingga menuju gurun hangat dengan iklim semi gersang di amerika serikat barat daya di Timur.

Sebenarnya pendorong utama cuaca di Amerika Serikat adalah perubahan musim di sudut matahari, migrasi yang terjadi di utara atau selatan dari dataran tinggi wilayah subtropic dan perubahan musim pada posisi aliran jet kutub. Sistem cuaca di Amerika Serikat baik itu sistem yang memiliki tekanan tinggi atau tekanan rendah ataupun front (batas antara massa udara dengan suhu, kelembapan serta yang paling umum antara keduanya), memiliki pergerakan yang lebih cepat pada musim dingin dari pada bulan musim panas. Menurut penelitian para ilmuwan, seiring dengan perkembangan zaman dan dampak globalisasi, cuaca akan lebih ektrem jika musim dingin.

Seperti kejadian pada tanggal 31 Januari tahun 2019, saat negara Amerika Serikat Kembali dilanda cuaca dingin ekstrim. Petugas cuaca memberitakan jika suhu di bawah titik beku tercara di bawah 85 persen pada wilayah Amerika Serikat kecuali Alaska dan Hawaii. Air yang mendidih jika dilemparkan ke langit langsung menjadi hujan salju. Ini membuktikan bahwa saat mengalami musim dingin, cuaca menjadi lebih intensif.

Berita judi online dan berita cuaca di Amerika Serikat terbilang sangat terupdate setiap saat, karena hal ini sangat vital bagi kehidupan di sana. Namun, bagi orang Amerika sendiri, cuaca ekstrem telah menjadi fenomena rutin. Namun untuk anda yang ingin berkunjung kesana tak perlu risau, karena pemerintah disana selalu sigap dalam memberi peringatan pada warganya jika cuaca sedang buruk. Mungkin itu tadi sekilas penjelasan mengenai cuaca di Amerika Serikat. Tergantung dari musim apa yang sedang berlangsung saat ini cuaca juga mengikutinya. Jadi, cuaca ekstrim tidak melulu di musim dingin saja. Bisa juga terjadi saat musim panas. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *