Mengenal Lebih Dekat Polar Portex Penyebab Cuaca Ekstrem di AS

Mengenal Lebih Dekat Polar Portex Penyebab Cuaca Ekstrem di AS

Mengenal Lebih Dekat Polar Portex Penyebab Cuaca Ekstrem di AS – Polar vortex atau pusaran kutub telah melanda beberapa wilayah di Amerika Serikat pada akhir Januari lalu. Akibatnya membuat suhu udara menjadi sangat dingin bahkan hingga menyentuh -50 derajat celcius. Banyak yang belum mengetahui apa itu polar votex dan bagaimana fenomena tersebut dapat membuat suhu udara menjadi sangat dingin.

Polar vortex sendiri adalah aliran udara dingin yang memiliki tekanan rendah yang berputar di kutub selatan serta kutub utara. Putaran aliran udara dingin ini berlawanan dengan arah jarum jam. Biasanya baik di kutub utara maupun di kutub selatan putaran dari polar vortex ini terjadi secara konstan dan beraturan. Namun ketika musim dingin tiba aliran udara dingin ini terkadang berputar tidak beraturan sehingga membuatnya melebar secara acak dan sangat tidak stabil. Saat fenomena ini terjadi wilayah-wilayah yang terkena imbasnya dapat mengalami suhu udara yang sangat dingin di bawah nol derajat.

Pada saat fenomena seperti ini terjadi di kutub utara, biasanya dapat memengaruhi keadaan cuaca pada beberapa negara di sekitarnya. Negara-negara yang biasanya dilanda polar vortex ini diantaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Rusia, serta bagian utara China. Di Amerika Serikat cuaca dingin yang extrem sudah beberapa kali terjadi. Selain itu pemerintah pun sudah sering mensosialisasikan fenomena yang disebut dengan wabah dingin ini kepada para penduduk agar mereka memiliki persiapan saat musim dingin telah tiba.

Fenomena ini pun telah mengakibatkan beberapa wilayah di Amerika Serikat berapa pada temperature di bawah nol derajat yang membuat para penduduk merasa tidak nyaman. Wilayah-wilayah Amerika Serikat yang dilanda cuaca dingin yang sangat ekstrem ini di antaranya adalah, Chicago dengan suhu mencapai -28 derajat celcius dan bahkan di wilayah Ontario suhu mencapai -54 derajat celcius. Namun di saat yang sama suhu yang ada di Alaska yang notabenenya jauh lebih dekat dengan kutub utara hanya 11 derajat celcius. Hal tersebut dikarenakan perputaran aliran udara dingin di kutub utara menjadi sangat tidak stabil dan penyebarannya tidak merata.

Mengenal Lebih Dekat Polar Portex Penyebab Cuaca Ekstrem di AS

Cuaca dingin yang sangat ekstrem juga sempat melanda Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2014 lalu yang mengakibatkan danau Michigan membeku serta membuat sebagian air terjun Niagara turut membeku. Namun ada yang menyebutkan bahwa polar vortex yang melanda Amerika Serikat pada akhir Januari lalu ini merupakan cuaca ekstrem yang terparah.

Fenomena ini pun membuat para penduduk Amerika Serikat harus menggunakan ski ketika pergi keluar rumah. Hal tersebut dikarenakan adanya tumpukan salju yang sangat tebal di luar ruangan. Selain itu saking dinginnya suhu udara akibat fenomena ini membuat uap udara hasil pernafasan pun berubah menjadi es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *